Prabowo: Masalah Nelayan Miskin Karena Dibatasi Peraturan

| Senin, 18 Februari 2019 | 01.42 WIB

Bagikan:
BernasIndonesia.com - -Capres Prabowo Subianto menyoroti soal kondisi nelayan RI yang dinilai masih banyak hidup dalam garis kemiskinan. Menurutnya, ada sejumlah faktor yang memengaruhi hal tersebut. Diantaranya adalah sulitnya modal dan akses nelayan karena dibatasi aturan.

"Yang jadi masalah sekarang adalah para nelayan-nelayan miskin tidak punya akses terhadap teknologi, kapal, modal, dan dibatasi oleh peraturan-peraturan yang sangat membatasi kemampuan nelayan kecil untuk melaut dan melaksanakan pekerjannya," ujar Prabowo dalam debat capres kedua, di The Sultan Hotel, Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Ia menyebutkan para nelayan memiliki keterbatasan akses untuk melakukan profesinya. Karenanya Prabowo berjanji akan memberikan akses maksimal kepada para nelayan jika terpilih jadi Presiden RI 2019-2024.

Prabowo mencontohkan akan membuat BUMN khusus di bidang laut dan perikanan. Dia ingin para nelayan dikendalikan sekaligus diberdayakan negara agar bisa hidup layak.

"Kalau kami strateginya adalah negara hadir, kami akan membuat BUMN-BUMN khusus di bidang laut dan perikanan dan mengorganisir nelayan. Dilatih dengan teknologi, diberi akses kapal, modal, diberi prasarana, storage, pengalengan, dan sebagainya, dan pemasarannya dibantu pemerintah," jelas Prabowo.

"Jadi kita ingin mengendalikan dan memberedayakan nelayan miskin untuk hidup lebih layak," imbuh Prabowo. (Alf)

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI