Fahri Hamzah: Capim KPK Bukan Soal Figur

| Minggu, 07 Juli 2019 | 03.16 WIB

Bagikan:
Bernasindonesia.com - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai, siapapun yang akan memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), lembaga tersebut akan tetap rusak. Karena menurutnya yang menjadi problem KPK yang sebenarnya ialah konsepsi kelembagaannya.

“Pandangan saya kan tidak pernah berubah KPK itu nggak ada persoalan dengan figur-figur. Namun problemnya hanya di sistem konsepsi kelembagaannya yang harus diperbaiki makanya siapapun jadi pimpinan KPK kalau mereka tidak paham akan terus terjebak dalam sistem yang ada,” ujar Fahri saat dikonfirmasi, Sabtu (6/7).

Fahri berpandangan, KPK tidak akan menjadi lebih baik meskipun terus berganti kepemimpinan. Karena jika dari sistem tidak ada perbaikan, maka jangan diharap lembaga anti rasuah akan maju dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

“Kalau liat KPK sekarang makin kacau dan tidak paham, jadi orang tidak paham soal UU KPK. Biar seorang malaikat masuk pun akan jadi ‘setan’ juga karena mereka tidak paham. Jadi KPK itu harus dipikirkan ulang konsepnya, baru kita bicara orang-orang,” tegasnya.

Lebih jauh Fahri berharap, siapapun yang nantinya terpilih sebagai pimpinan KPK harus bisa merombak kelembagaannya. Jika masih meneruskan cara lama, maka diyakini KPK akan jalan di tempat.

“Kalau nanti akan terpilih pimpinan KPK yang baru itu harus diajak debat soal konsep. Kalau tidak ya akan seperti itu-itu saja,” tukasnya.

Seperti diketahui, Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (Capim KPK) telah menerima sebanyak 384 pendaftar hingga batas akhir pendaftaran pada Kamis (4/7) pukul 24.00 WIB. (Syg)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI