Politik dan Ekonomi Banyak Negara Belum Merdeka, Megawati: GNB Masih Relevan

| Senin, 08 Juli 2019 | 15.18 WIB

Bagikan:
Bernasindonesia.com - Gerakan Negara-negara Non Blok (GNB) menjadi penting dan relevan untuk semakin aktif mempromosikan perdamaian dunia. Sebab masih banyak negara yang masih belum merdeka secara politik dan ekonomi.

Hal itu disampaikan Presiden RI Kelima, Megawati Soekarnoputri, ketika menjawab pertanyaan peserta acara Forum Perdamaian Dunia (World Peace Forum) ke-8 yang diselenggarakan Tsinghua University di Beijing, Senin (8/7/2019).

Menurut Megawati, Indonesia adalah inisiator GNB sehingga paham makna gerakan tersebut. Dan itu masih relevan dengan kondisi dunia saat ini.

Baginya, dunia saat ini masih mengalami berbagai penderitaan. Dulu penderitaan dipicu oleh adanya Blok Barat dan Blok Timur.

"Sekarang, di abad 21, kondisinya berbeda dengan abad 20. Dulu banyak negara belum merdeka. Sekarang banyak yang sudah merdeka, tapi secara politik dan ekonomi mereka belum merdeka. Maka mari kita mencoba hidupkan lagi Gerakan Negara Nonblok itu," kata Megawati.

"Gerakan Non Blok masih relevan dan penting."

Sebagai presiden RI kelima, Megawati mengaku kerap berdiskusi dengan Presiden Jokowi soal kondisi dunia saat ini. Dan Megawati menyampaikan kepada Jokowi soal pentingnya sebuah konferensi tingkat dunia untuk membahas kondisi serta solusi atasnya.

"Saya berharap konferensi dunia yang bisa memberi masukan orisinil tentang apa yang sedang terjadi dan apa yang akan terjadi ke depan," kata Megawati. (Sy)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI