Cegah Hoaks Virus Corona, Kominfo Luncurkan Chatbot Whatsapp

| Kamis, 19 Maret 2020 | 23.03 WIB

Bagikan:
BernasIndonesia.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika menyampaikan beberapa langkah untuk mencegah beredarnya pesan berantai hoaks virus corona.

Hal tersebut disampaikan Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam Konferensi Pers Online dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2020).

"Kementerian Kominfo bekerja sama dengan  WhatsApp (Facebook) dan Telkom Group sedang membangun Chatbot WA yang bisa diakses publik dengan nama akun: covid19.go.id untuk nomornya akan dipublikasikan secepatnya," katanya.

Dari layanan itu, menurut Johnny, publik dapat berinteraksi dengan akun chat resmi pemerintah untuk memperoleh informasi secara interaktif melalui chatbot yang kontennya disediakan oleh BNPB dan Kemenkes RI.

"Sosialisasi akun chat resmi ini akan dilakukan melalui Lembaga Penyiaran, SMS blast, banner di media online dan flyers," papar dia.

Menurut Johnny, whatsApp (Facebook) juga sudah berkomitmen memberikan kebijakan khusus bagi Indonesia untuk dapat menyalurkan pesan WhatsApp blast terkait pandemi Covid19. Kementerian Kominfo, lanjut Johnny, akan menyediakan form bagi publik yang bersedia menerima pesan blast pada akun WhatsApp-nya.

"Whatsapp hanya memberikan kebijakan ini secara eksklusif kepada dua negara, yakni  Indonesia dan Singapura. Chatbot dan pesan blast pada platform WhatsApp diharapkan sudah live trial mulai Jumat, 20 Maret 2020 malam besok," tukas johnny. (BSI)


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI