Puan: Segera Bentuk Satgas Penanganan Covid-19

| Jumat, 13 Maret 2020 | 10.10 WIB

Bagikan:
Bernasindonesia.com - Ketua DPR Puan Maharani meminta pemeritah segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) penanganan virus corona atau covid 19. Hal ini disampaikan Puan menanggapi pernyataan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Muhajir Effendy.

"Segera bentuk Satgas penanganan covid-19. WNI yang dinyatakan positif virus korona kian hari terus bertambah. Yang lebih memperihatinkan lagi adalah ditemukannya pasien positif Covid-19 yang terpapar penularan lokal. Karena itu, tidak bisa ditunda lagi, kondisi darurat ini membutuhkan gerak cepat dari pemerintah  yang terukur, terkoordinasi dan sesuai standar protokol WHO," ujar Puan, Rabu (11/3/2020)

Menurut Puan, dirinya sudah mengingatkan pemerintah berkali-kali, sejak wabah ini merebak, mengingatkan pemerintah membentuk tim nasional penanganan wabah virus corona yang bersifat terpusay agar penanganan wirus mematikan ini terkoordinasi, terpadu dan terintegrasi.

"Dalam operasionalnya, tim nasional ini dapat berbentuk Satuan Gugus Tugas yang bersifat lintas kementerian dan lintas daerah sehingga upaya-upaya penangannnya terukur dan memenuhi protocol standar WHO. Namun gerak cepat dan kesigapan penanganan dampak virus korona ini harus dilakukan secara cermat tanpa menimbulkan kepanikan di masyarakat," katanyam

Labih lanjut, Puan mengatakan DPR mendesak pemerintah meningkatkan penapisan massif untuk mencegah penyebaran virus korona. Proses screening dan pengambilan sampel warga yang terindikasi gejala virus corona harus diperbanyak sehingga meminimalisir kebocoran data warga yang terpapar Covid-19.

"Proses penapisan massif ini harus diikuti langkah-langkah isolasi yang disiplin kepada mereka yang positif korona dengan mencegah  pergerakan mereka sehingga mengurangi resiko penularan lokal," tambah Puan.

Selain itu, Puan bilang pemerintah segera bekerja sama dengan komunitas-komunitas internasional dalam upaya mengatasi wabah corona,  termasuk mengadopsi pengalaman-pengalaman negara lain yang berhasil meredam wabah korona tanpa korban jiwa. Puan Juga meminta anggota-anggota DPR yang sedang reses di dapil masing-masing untuk pro-aktif membantu mencegah penyebaran virus korona.

"Para anggota DPR dan tim-nya diharapkan  aktif memantau, mendata lalu melaporkan warga yang terindikasi gejala-gejala virus korona  kepada petugas kesehatan setempat. Rumah-rumah aspirasi serta posko-posko anggota DPR di dapil masing-masing bisa diaktifkan sebagai posko  pemantauan sekaligus posko sosialisasi pencegahan wabah virus corona," tukas Puan.

Politisi dari PDI-P ini mendorong DPR lewat komisi terkait segera merumuskan langkah-langkah pencegahan dan penindakan penyebaran virus korona bersama kementerian terkait. DPR juga akan mengoptimalkan fungsi pengawasan agar langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi wabah corona berjalan efektif, maksimal, terkoordinasi, serta memenuhi Protokol pencegahan dan penindakan sesuai standar WHO.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan, para dokter, perawat, dan pihak-pihak yang telah bekerja optimal mengatasi wabah corona di negara kita tercinta. Masyarakat dapat membantu mereka dengan cara menerapkan pola hidup sehat dan bersih untuk mencegah penyebaran virus corona," kata Puan. (BSI)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI