Sandi Tinjau Sentra Vaksinasi COVID-19 MNC di Kebon Jeruk Jakarta Barat

| Senin, 26 Juli 2021 | 09.06 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif serta masyarakat di sentra vaksinasi COVID-19 di MNC Kebon Jeruk, Jakarta Barat. 


Sentra vaksinasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Kemenparekraf dengan MNC Peduli serta industri yakni Traveloka, Doktora Clinic, Traveloka, Mister Aladin, dan GBI Glow Fellowship Center, serta Dinas Kesehatan DKI Jakarta. 

Vaksinasi yang berlangsung pada 23 hingga 27 Juli 2021 untuk dosis pertama ini menargetkan 6.000 masyarakat yang dapat divaksin. Selain di MNC Kebon Jeruk, sentra vaksinasi serupa juga berlangsung di MNC Kebon Sirih, Jakarta Pusat. 

Menparekraf Sandiaga Uno saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19, mengucapkan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak dalam membantu upaya pemerintah melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 khususnya bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif. Sehingga dapat membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, memastikan kembali geliat ekonomi dengan terbukanya kembali lapangan kerja. 

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah bergerak bersama dengan Kemenparekraf. Ini adalah langkah kita untuk mengejar persentase vaksinasi bagi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," kata Menparekraf Sandiaga Uno, Minggu (25/7/2021). 

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Direktur Corporate Secretary MNC Group dan Ketua MNC Peduli, Syafril Nasution; Direktur RCTI, Noersing; Co-Founder Traveloka, Albert; Anggota DPR RI dari Dapil III DKI Jakarta, Kamrussamad; Staf Ahli Bidang Manajemen Krisis Kemenparekraf, Henky Manurung; serta Wakil Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko. 

Menparekraf mengatakan, vaksinasi COVID-19 menjadi salah satu program utama yang dijalankan Kemenparekraf dalam beberapa waktu terakhir yang berkolaborasi dengan industri. Hasilnya, jumlah pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif yang telah tervaksinasi bergerak di atas 5 persen. 

Kemenparekraf sendiri menargetkan tingkat vaksinasi sebesar 95 persen dari 34 juta masyarakat yang bergantung pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Karenanya ia mengajak keterlibatan lebih banyak lagi pihak-pihak, baik industri maupun tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, _influencer_, juga pemerintah daerah untuk aktif menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk vaksin. 

"Saya mengajak banyak pihak untuk menyosialisasikan bahwa vaksin sangat aman. Dan tentunya vaksinasi merupakan benteng kita menghadapi varian baru COVID-19, yaitu varian Delta yang ternyata memiliki dinamika yang luar biasa. Selain kita juga harus taat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan agar kita bisa kendalikan dengan baik PPKM level 4 ini," kata Sandiaga. 

Selain itu, ia juga mengajak berbagai pihak untuk dapat bersama-sama memastikan pemenuhan aspek sosial dan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak dengan memberikan bantuan sosial. 

"Ini yang kita dorong agar bantuan sosial bisa diberikan juga dalam langkah memulihkan kesehatan dan ekonomi. Kemarin di Garut saya menginstruksikan seluruh fasilitas pariwisata yang mengibarkan bendera putih untuk diganti jadi bendera Merah Putih. Karena ini menunjukkan semangat kita dan kita harus hadirkan solusi segera dengan langkah vaksinasi dan bantuan kemanusiaan," kata Sandiaga. 

"Bersama KAHMIPreneur kita ada beberapa program yang diluncurkan yaitu bantuan beasiswa bagi siswa-siswa yang terdampak, terutama pedagang kecil yang bergerak di sektor ekonomi kreatif dan juga bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan, kita buka call center. Ini yang kita harapkan mudah-mudahan bisa menyemangati. Dan saya ucapkan terima kasih terutama kepada tenaga kesehatan yang tidak henti dan lelah membantu masyarakat mengatasi dinamika dari varian delta. Saya mengajak kita semua untuk mematuhi PPKM level 4 sehingga situasi bisa lebih terkendali," kata Sandiaga. 

Anggota DPR RI dari Dapil III DKI Jakarta, Kamrussamad, turut mengapresiasi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan industri dalam mendukung gamechanger saat ini dalam upaya menekan penyebaran COVID-19 yaitu vaksinasi.

"Kolaborasi hari ini sangat berarti untuk menyelamatkan generasi muda Indonesia. Kita bersyukur ada pengusaha-pengusaha yang mencintai negeri ini yang mau proaktif untuk mengambil peran bagaimana menyelamatkan generasi muda Indonesia ke depan. Saya juga mengucapkan terima kasih kepada tim medis, tenaga kesehatan yang telah berjuang keras hingga saat ini," kata Kamrussamad. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI