Pemerintah Salurkan 395 Unit Bantuan PSU di Tiga Daerah di Papua

| Kamis, 02 September 2021 | 09.13 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Tahun 2021, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan bantuan prasarana, sarana, dan utilitas (PSU) sebesar Rp3,6 miliar bagi Provinsi Papua yang digunakan untuk pembangunan jalan lingkungan 395 unit rumah bersubsidi di tiga kabupaten/kota. 


Ketiga daerah tersebut adalah Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, dan Kabupaten Merauke. PSU merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas perumahan, khususnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 

Pada tahun 2021, Kementerian PUPR menargetkan akan menyalurkan 25.000 unit bantuan. 

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, bantuan PSU merupakan stimulan bagi pelaku pembangunan rumah untuk membangun rumah MBR dalam rangka pencapaian target Program Satu Juta Rumah. 

“Program ini merupakan bentuk nyata keseriusan pemerintah untuk mewujudkan cita-cita terpenuhinya kebutuhan rumah bagi seluruh lapisan masyarakat, terutama rumah terjangkau layak huni dan berkualitas bagi MBR,” ujar Basuki, dikutip dari laman Kementerian PUPR, Rabu (01/09/2021). 

Penyaluran PSU Tahun 2021 di tiga kabupaten/kota di Papua digunakan untuk pembangunan jalan lingkungan 395 unit rumah bersubsidi di daerah tersebut. Adapun rincian penyaluran adalah, untuk Perumahan Nendali Kabupaten Jayapura sebanyak 60 unit, Perumahan Rollo Green Diamond Residence Kota Jayapura sebanyak 235 unit, dan Perumahan Berlian Blorep Permai di Kabupaten Merauke sebanyak 100 unit. 

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Papua I, Kementerian PUPR, Faisal Soedarno mengatakan, bantuan PSU disalurkan agar masyarakat yang tinggal di rumah bersubsidi merasa nyaman. 

“Pemberian bantuan ini diharapkan dapat mendorong semangat para pengembang untuk membangun lebih banyak rumah bersubsidi untuk masyarakat serta mendorong tercapainya Program Sejuta Rumah,” ujar Faisal. 

Di samping pembangunan jalan lingkungan, bantuan PSU juga dapat mencakup penyediaan jaringan air bersih dan tempat pembuangan sampah terpadu kepada pengembang perumahan yang membangun perumahan MBR. 

Bantuan PSU yang diberikan pemerintah ini mendapatkan apreasiasi dari masyarakat Papua. Ichwan (34), warga Perumahan Nendali Kabupaten Jayapura, menyampaikan ucapan terima kasih atas dibangunnya jalan lingkungan di tempat tinggalnya. 

“Sebelumnya jika hujan jalan ditempat kami becek. Alhamdulillah, bersyukur setelah adanya bantuan ini, lingkungan perumahan di tempat kami sudah tidak terlihat kumuh,” ujar Ichawan. 

Hal senada disampaikan oleh warga lainnya, Nely (48). “Dengan adanya bantuan PSU ini, jalan lingkungan di tempat kami terlihat rapi dan nyaman. Sebelumnya terkesan kumuh, apalagi saat hujan turun  airnya tergenang,” kata Nely.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI