Bamsoet Ajak Generasi Milenial Majukan UMKM

| Kamis, 21 Oktober 2021 | 07.20 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengajak generasi milenial untuk mau terjun ke dunia usaha, khususnya memajukan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Sehingga cita-cita Indonesia berdaulat di sektor ekonomi bisa cepat terwujud.


"Di saat Pandemi Covid-19 salah satu usaha yang mampu bertahan adalah bisnis makanan dan minuman. Terbukti dari kinerjanya yang masih tumbuh positif dalam setahun terakhir. Pada kuartal I-2021, pertumbuhan industri makanan dan minuman mencapai 2,45%," ujar Bamsoet.

Cafe & Resto Mr.Moon Light merupakan tempat hang out ke-5 yang didirkan Dimaz Raditya Soesatyo dan kawan-kawan di Bandung dan Jakarta yang menyerap banyak tenaga kerja dan produk UMKM termasuk para pekerja seni, seniman, penyanyi dan musisi.

Ketua DPR RI ke-20 ini menuturkan, bisnis UMKM khususnya di sektor makanan dan minuman mempunyai dampak besar dalam penyerapan tenaga kerja. Berdasarkan data Biro Pusat Statistik (BPS), proporsi tenaga kerja di bisnis makanan dan minuman mencapai 3,75% pada tahun 2020. Terjadi peningkatan sebesar 0,01% dibanding tahun 2019 yang sebesar 3,74%.

"Sementara data Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi di sektor makanan dan minuman sebesar Rp 36,6 triliun pada semester I-2021. Nilai tersebut meningkat 23,6% dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 29,6 triliun," jelas Bamsoet.

Ketua Umum Asosiasi Perdagangan Barang, Distributor, Keagenan dan Industri Indonesia (ARDIN Indonesia) ini menambahkan, untuk mampu meningkatkan daya saing para pelaku bisnis kuliner harus mau berkreatifitas dan terus melakukan inovasi. Diferensiasi dan branding menjadi kunci agar bisnis yang dijalankan mampu bertahan dalam segala kondisi. 

"Konsep mediterania yang diusung Mr. Moonlight Runway Pool Cafe dalam desain eksterior dan interior bangunan Maroko menjadi daya tarik bagi pengunjung. Apalagi dilengkapi dengan kolam renang outdoor, ditambah dengan pemandangan kearah landasan pacu pesawat terbang yang menjadi satu-satunya di Indonesia. Pada saat malam hari juga disuguhi dengan musik dan lampu-lampu serta pemandangan turun naik pesawat dari landasan yang hanya berjarak beberapa meter saja," pungkas Bamsoet. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI