Jabodetabek PPKM Level 2, Sedapat Mungkin Tetap Pakai Masker

| Rabu, 06 Juli 2022 | 11.15 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Kota Jakarta dan sekitarnya yaitu Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) kembali menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM)  Level 2, setelah selama berpekan-pekan berstatus PPKM Level 1. Kenaikan level ini berkonsekuensi terjadinya pengetatan beberapa aktivitas kegiatan masyarakat dari yang sebelumnya dibolehkan berkapasitas 100 persen menjadi  75 persen. Dengan kenaikan level PPKM ini, protokol kesehatan dasar terutama memakai masker juga harus ditingkatkan.


Anggota DPD RI Fahira Idris berharap Kota Jakarta dan sekitarnya bisa kembali turun menjadi PPKM level 1. Oleh karena itu, penerapan protokol kesehatan terutama memakai masker meski kembali ditingkatkan. Memakai masker yang benar dan konsisten adalah salah satu cara yang paling efektif dan mudah mencegah tertular dan menular Covid-19.

“Walau ada pelonggaran yaitu dapat tidak menggunakan masker di luar ruangan atau di area terbuka, tetapi untuk menjaga-jaga, lebih baik tetap mengenakan masker apalagi jika area terbuka tersebut dipenuhi orang. Terlebih saat ini, mulai terjadi peningkatan jumlah kasus terutama di Jabodetabek. Masker itu protokol kesehatan paling minimal, paling efektif dan mudah melindungi kita dan melindungi orang lain. Mungkin nanti, jika pandemi ini sudah menjadi endemi, kita bisa lepas masker,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta (5/7).

Menurut Fahira, situasi pandemi di Indonesia menjadi satu-satunya harapan agar berbagai bidang kehidupan terutama ekonomi bisa segera pulih dan bangkit. Jika situasi pandemi terus terkendali maka akan semakin cepat juga Indonesia pulih dan mengejar berbagai ketinggalan dan menyelesaikan target-target pembangunan yang sempat terganggu. Pandemi yang semakin terkendali juga akan berdampak baik terhadap pengelolaan anggaran negara sehingga bisa lebih besar porsinya diarahkan untuk program-program kesejahteraan rakyat.

“Tahun 2022 ini menjadi momentum penentu pulih dan bangkitnya ekonomi kita. Gelaran MotoGP, Formula-E, geliat aktivitas ekonomi, pariwisata, UMKM, kegiatan seni budaya dan berbagai event yang terlaksana sepanjang 2022 ini sudah terbukti efektif menggeliatkan ekonomi masyarakat. Apalagi sepanjang 2022 ini, ratusan event dan forum akan digelar di banyak kota di Indonesia untuk menyambut acara puncak G20, November 2022 di Bali yang tentunya akan berdampak besar bagi ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk memastikan pandemi ini semakin terkendali,” tukas Senator Jakarta ini.

Sebagai informasi, Pemerintah kembali memperpanjang masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) seluruh Indonesia terhitung mulai 5 Juli hingga 1 Agustus 2022. Keputusan perpanjangan PPKM dituangkan dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) 33/2022 dan 34/2022 tentang PPKM Jawa-Bali dan Luar Jawa-Bali. 

Beberapa daerah terpaksa harus dinaikkan menjadi Level 2 antara lain, Provinsi DKI Jakarta, Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Bogor, Kota Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Sorong.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI