Ini Gelar yang Diberikan Kasunanan Mataram Surakarta kepada Cak Nanto

| Sabtu, 01 Oktober 2022 | 17.17 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah Cak Nanto, dianugerahi gelar oleh Kasunanan Mataram Surakarta Hadiningrat dengan sebutan ‘Kanjeng Raden Arya Tumenggung Sunanto Maduyoso Cokronagoro’.


Penganugerahan ini dilakukan di Sitinggil Keraton Mataram Surakarta Hadiningrat oleh Dra.GRAy. Koes Moertiyah, M. Pd. selaku Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta, pada Sabtu (1/10/2022).

Penganugerahan itu juga di hadiri oleh Dr. KH. Tafsir ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah dan segenap anggota Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Cak Nanto begitu sapaan akrabnya menyampaikan bahwa anak muda tidak boleh menafikan sejarah bangsa. Termasuk rangkaian sejarah bagaimana Islam masuk ke Indonesia, yakni melalui proses akulturasi budaya.

“Dimana kraton atau kerajaan kala itu menjadi episentrum budaya yang kemudian mampu berakulturasi dengan ajaran Islam yang dibawa oleh para tokoh Islam yang datang ke Indonesia,” ujar Cak Nanto dalam keterangan tertulisnya.

Menurut Cak Nanto, penting bagi pemuda-pemuda Indonesia untuk mampu memahami budaya sebagai bagian penting dari dakwah islam yang berkemajuan.

Lebih lanjut Cak Nanto mengatakan bahwa KH. Ahmad Dahlan dulu merupakan orang yang mampu memadukan budaya dan ajaran islam begitu harmoni sehingga menghasilkan langgam ajaran yang mampu diterima oleh banyak kalangan meskipun pada awalnya sempat ditentang oleh banyak kalangan ketika itu. 

“Namun dengan ketulusan dakwah serta kesabaran dan tekat yang kuat, ajaran KH. Ahmad dahlan menjadi rujukan banyak warga bangsa bahkan hingga warga dunia,” tambah Cak Nanto. 

Cak Nanto juga menyampaikan, sebagai kader Muhammadiyah pemuda tidak boleh anti pati dengan budaya, apalagi kemudian dengan sangat mudah melihat perbedaan sebagai ancaman. Justru harus menjadikan perbedaan sebagai kompas kearifan dalam berfikir dan bertindak.

“Spirit dakwah Muhammadiyah adalah mempersatukan dengan menjunjung tinggi aspek-aspek kemanusiaan,” pungkas Cak Nanto.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI