Ribuan Aparat Gabungan Diterjunkan Amankan KTT G20 di Bali

| Jumat, 21 Oktober 2022 | 03.09 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Kurang lebih 18.030 aparat gabungan diterjunkan untuk mengamankan para kepala negara dan setingkatnya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 pada 15-16 November di Bali.


"Secara umum personel yang bertugas sebagai pengaman-pengaman VVIP. Kami menyiapkan total sekitar 18.030 personel," tutur Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dalam Siaran Pers #G20Updates, dilansir dari pmjnews.com Kamis (20/10/2022).

Panglima TNI pun merinci, jumlah personel itu antara lain, 3.200 anggota Polri, 492 personel dari institusi lain dan 14.300 personel TNI.

Lebih jauh Andika mengatakan, terdapat macam-macam satuan tugas (satgas) dalam rangka pengamanan G20. Antara lain, Satgas Pengamanan VVIP yang bertugas menempel ke Kepala Negara.

"Kami siapkan sampai dengan 42 (Kepala Negara). Ini untuk menjaga segala kemungkinan apabila semuanya hadir, kami siap,” ujarnya.

“Karena persiapan itu tidak bisa mendadak. Jadi, dari jauh-jauh hari kami sudah menyiapkan paket pengamanan untuk 42 kepala negara atau setingkat kepala negara," jelasnya.

Di samping menyiapkan personel untuk pengamanan terhadap Kepala Negara, Andika mengungkapkan pihaknya juga telah berkomunikasi dengan masing-masing negara tamu yang siap membawa pasukan pengamanan tersendiri untuk Kepala Negara masing-masing.

"Tiap-tiap negara ini mereka juga punya tim pengamanan sendiri. Ada yang melekat dengan kepala negaranya. Seperti paspampres (pasukan pengamanan presiden, red). Itu semua kami akomodasi," tandasnya.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI