Tebet Eco Park Kembali Raih Penghargaan Internasional, Fahira Idris: Taman Kebanggaan Warga Jakarta

| Jumat, 14 Juli 2023 | 09.02 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Tebet Eco Park meraih penghargaan bergengsi bertaraf internasional yakni President's Design Award Singapore. Taman yang dibangun pada era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan diresmikan pada 23 April 2022 ini, memenangkan Design of The Year 2023.

 
Anggota DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris mengungkapkan kebahagian dan kebanggannya atas raihan penghargaan internasional yang kembali diraih Tebet Eco Park. Sebelumnya, pada akhir 2022, taman kebanggan warga Jakarta ini juga berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang arsitektur lanskap melalui ajang Singapore Landscape Architecture Awards (SILA Awards) tahun 2022 untuk kategori Park and Recreational.
 
“Sebagai warga Jakarta saya bahagia dan bangga atas raihan prestasi ini. Tebet Eco Park adalah salah satu dari banyak ‘warisan’ membanggakan Gubernur Anies Baswedan untuk warga Jakarta. Konsep Tebet Eco Park yaitu menyambut kembalinya manusia dalam ekosistem alam di kota Urban seperti Jakarta menjadi contoh ideal pembangunan taman di tengah kota yang digunakan sebagai ruang interaksi untuk warga. Tebet Eco Park adalah ruang publik yang aman, nyaman, dan setara untuk warga,” ujar Fahira Idris di Komplek Parlemen, Senayan Jakarta (13/7).
 
Menurut Senator Jakarta ini, keunggulan Tebet Eco Park adalah konsepnya yang berpegang teguh kepada pembangunan hijau dan berkelanjutan yang menghasilkan berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh publik. Tebet Eco Park juga adalah salah satu realisasi dari komitmen Gubernur Anies Baswedan membangun sebanyak mungkin ruang ketiga yang sudah menjadi kebutuhan warga di kota besar seperti Jakarta. Selain Tebet Eco Park, berbagai ruang ketiga sudah direvitalisasi dan kini tersebar seantero Jakarta misalnya Terowongan Kendal Dukuh Atas, Taman Ismail Marzuki, Taman Bacaan Marta Christina Tiahahu, Kawasan Kota Tua Jakarta, dan penyelesaian 100 Taman Maju Bersama.
 
“Saya berharap pembangunan ruang ketiga yang begitu masif dibangun di masa Pak Anies ini bisa terus dilanjutkan atau di bangun lebih banyak lagi. Sementara ruang ketiga yang saat ini sudah hadir, harus kita jaga bersama. Warga Kota seperti Jakarta sangat membutuhkan ruang ketiga yang bisa diakses oleh warga dengan gratis dan lokasinya mudah diakses dengan transportasi publik,” tukas Fahira Idris.
 
Sebagai informasi, Tebet Eco Park adalah taman kota yang dipersembahkan untuk warga. Taman yang berada di Kota Jakarta Selatan ini berdiri di lahan seluas 7,3 hektare. Pada awalnya Tebet Eco Park merupakan dua bagian terpisah yakni Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan yang kemudian menjadi satu taman terpadu yang mengusung konsep harmonisasi antara fungsi ekologi, sosial, edukasi dan rekreasi.
 
Sementara, President Design Award adalah penghargaan untuk individu dan karya yang dianggap berkontribusi bagi warga Singapura dan komunitas global atau dunia. Penghargaan ini pertama kali diberikan tahun 2006.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI