Memastikan Hadirnya Keadilan

| Rabu, 27 September 2023 | 06.24 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Perjuangan menuju keadilan sosial memang bukan urusan individual seorang pemimpin. Ia harus menjadi urusan semua anak bangsa. Hal itu penting kita tegaskan agar masalah keadilan merupakan masalah keummatan, kebangsaan dan kenegaraan kita yang luas, besar dan berkelanjutan.  Sebab masalah keadilan itu tidak bolehbhanya bersifat temporal dalam patahan sejarah tertentu, namun mesti diperjuangkan secara estafet.


Konsep dan rasa, serta volume keadilan itu tidak boleh hanya merupakan konsep individual. Namun lebih jauh dari itu harus menjadi platform bersama seluruh bangsa. Jika tergantung individu seorang pemimpin, maka kekuatan pendorong tegaknya keadilan itu akan rendah, dan tidak memiliki signifikansinya dalam masyarakat.

Keadilan harus menjadi kewajiban bersama anggota masyarakat, dengan demikian, keadilan itu akan terus hidup dan dibutuhkan oleh masyarakat secara kolektif. Dalam konteks keinginan tersebut maka Anies Baswedan tidak boleh dibiarkan bergerak sendiri mendorong 'Perahu Politik Keadilan' itu  dalam lorong-lorong gelap nan  senyap. Sebab akan banyak gerombolan yang datang untuk merusak stamina perjuangan menjaga dan memelihara, "api keadilan" itu dalam negara.

Oleh: Fathorrahman Fadli


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI