Pastikan Kesetaraan Pembangunan di Jakarta, Ini 9 Program Khusus Fahira Idris untuk Warga Kepulauan Seribu

| Selasa, 19 Desember 2023 | 02.26 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Dalam kurun waktu lima tahun terakhir, geliat pembangunan di Kepulauan Seribu menunjukkan progres yang signifikan. Namun, upaya agar warga Kepulauan Seribu terus merasakan kemajuan pembangunan seperti yang dirasakan saudara-saudara mereka di wilayah Jakarta daratan harus terus ditingkatkan. Memastikan pemerataan hasil pembangunan mulai dari konektivitas transportasi, air bersih, kesehatan, pangan inilah yang menjadi perhatian khusus Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPD RI Dapil DKI Jakarta Fahira Idris.

 
Fahira Idris mengungkapkan, geliat pembangunan yang dirasakan warga Kepulauan Seribu terutama dalam lima tahun terakhir harus terus menjadi salah satu fokus Pemprov DKI Jakarta. Berbagai kemudahan yang selama ini sudah dirasakan warga Kepulauan Seribu harus dipastikan terus berjalan dan ditingkatkan kapasitas serta pemanfaatannya.
 
“Kepulauan Seribu adalah bagian integral dari Jakarta. Artinya kemajuan pembangunan yang dirasakan warga Jakarta yang ada di daratan juga harus dirasakan setara oleh semua warga di Kepulauan Seribu. Malah idealnya Kepulauan Seribu harus jadi beranda depan Jakarta sehingga harus terus ditata. Alhamdulilah selama lima tahun terakhir ini, geliat pembangunan terutama infrastruktur dan pelayanan dasar di Kepulauan Seribu dampaknya cukup signifikan dirasakan warga. Kesetaraan pembangunan inilah yang harus terus kita pastikan,” ujar Fahira Idris di Jakarta.
 
Untuk memastikan kesetaraan pembangunan di Kepulauan Seribu terus bersemai, Sebagai Caleg DPD RI Fahira Idris memiliki sembilan program khusus untuk kepulauan seribu yaitu pertama Program Di Laut Kita Lancar. Program ini untuk memastikan transportasi dari dan menuju Kepulauan Seribu terkonektivitas, terintegrasi, dan murah. Kedua, Satu Rumah Satu Usaha. Program ini berupa pendampingan dan pelatihan ibu-ibu rumah tangga di Kepulauan Seribu yang ingin membuka usaha di rumah.
 
Program Ketiga, Air Bersih Murah Listrik Menyala. Sebuah program untuk memastikan pembangunan infrastruktur air bersih terus ditingkatkan dan subsidi harga air bersih terus berjalan. Program ini juga ingin memastikan pemenuhan kebutuhan listrik penduduk Kepulauan Seribu selama seharian penuh.
 
Program khusus keempat, Kepulauan Seribu Sehat Cerdas. Program ini untuk ingin memastikan warga Kepulauan Seribu mendapatkan pelayanan dan bantuan sosial kesehatan dan pendidikan (KJS Plus; KJP Plus; Kartu Anak Jakarta; Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul). Program ini juga akan memberikan pelayanan advokasi jika ada warga Jakarta kesulitan mengakses layanan dan bantuan sosial kesehatan dan pendidikan.  Program Kelima, Nelayan Sejahtera, Pariwisata Berjaya.  Program ini bertujuan agar dua potensi besar Kepulauan Seribu yakni perikanan (nelayan) dan pariwisata menjadi tulang punggung ekonomi warga.
 
Harga Pangan Terjaga, Warga Bahagia menjadi program khusus keenam di Kepulauan Seribu. Saat ini kehadiran Jakgrosir di Pulau Tidung Kecil harus terus dioptimalkan agar harga kebutuhan pokok di Kepulauan Seribu setara dengan wilayah Jakarta daratan, termasuk juga harga solar menjadi kebutuhan dasar nelayan. Program ketujuh Pendampingan Hukum Gratis. Program ini memberi pelayanan pendampingan hukum gratis bagi anak dan perempuan korban kekerasan serta warga Kepulauan Seribu lainnya yang mencari keadilan.
 
Dua program terakhir juga tidak kalah penting karena terkait dengan pemberdayaan warga di Kepulauan Seribu yaitu Bansos Merata untuk Warga dan Penguatan Pilar Sosial dan Umat. Program Bansos Merata untuk Warga, memastikan bantuan sosial (KJS Plus; KJP Plus; Kartu Anak Jakarta; Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul; Kartu Pekerja; Kartu Jakarta Penyandang Disabilitas; Program Subsidi Pangan Murah, Kartu Jakarta Lansia dan bantuan sosial lainnya) untuk warga Kepulauan Seribu terus berjalan dan bertambah manfaat dan penerimanya.
 
Program kesembilan yaitu Penguatan Pilar Sosial dan Umat untuk memastikan adanya peningkatan kesejahteraan para Kader PKK, Dasawisma, Jumantik, Posyandu, Posbindu, Karang Taruna, Pekerja Sosial Masyarakat, Tenaga Kerja Sosial Kecamatan, Lembaga Kesejahteraan Sosial, RT/RW, guru honorer/madrasah/ PAUD yang ada di Kepulauan Seribu.
 
“Program ini juga ingin memastikan Bantuan Operasional Tempat Ibadah atau BOTI  dan pemberdayaan umat mulai dari majelis taklim dan kegiatan agama lainnya  di Kepulauan Seribu semakin optimal,” pungkas Caleg DPD RI Dapil DKI Jakarta Nomor Urut Sembilan ini.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI