Menkominfo Dorong SMSI Jadi Aktor Penting Menyehatkan Demokrasi dan Perangi Hoaks

| Minggu, 27 September 2020 | 00.22 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) menggelar  Rapat Kerja Nasional (Rakernas 1) di Hotel Marbella Anyer, Serang, Banten, Sabtu (26/9/2020). 


Menkominfo Johnny G Plate menyampaikan sambutan secara virtual pada kesempatan ini. Dia meminta SMSI menjadi aktor penting di era digital saat ini dan menyehatkan demokrasi. Sebab, goncangan media sosial yang sulit terkontrol dan menimbulkan berbagai dampak dan problem demokrasi di tanah air belakang ini. 


 “Terutama menanggulangi berita hoaks, kekacauan informasi dan pornografi. Justru hal itu sering muncul di FB, instagram, twitter dan youtube. Butuh peran media siber,” ujar Menkominfo.


Selain Menkominfo, yang memberikan sambutan juga adah Wakil Ketua Dewan Pers Hendri CH Bangun. Dia mewakili Ketua H. Muhammad Nuh. Dia mengapresiasi kinerja SMSI. Sebagai konstiten Dewan Pers, Hendri mengatakan bahwa SMSI sebagai asosiasi siber terbesar di Indonesia dengan 1.224 anggota. 


“Data dari Dewan Pers memang begitu. Bisa jadi tidak hanya di Indonesia, perlu dicatat di MURI Jaya Suprana,” tandas Hendri.


Hendri berharap Rakernas 1 SMSI  menghasilkan ide-ide yang segar, praktis dan pragmatis serta memberi jalan keluar dalam mengatasi persoalan bangsa di abad 21 ini.


“SMSI juga harus ikut mencerdaskan kehidupan bangsa. Data di Dewan Pers juga mencatat dari pengaduan berita, 90 persen dari berita online,” paparnya.


Sementara itu, Ketum SMSI Firdaus sangat berterima kasih atas kehadiran pengurus SMSI provinsi maupun kabupaten/kota meski pandemi Covid-19 rela menyediakan waktu dan tenaganya untuk kemajuan SMSI. 


"Kita memerlukan inovasi dan terobosan agar media siber yang masih kecil bisa menjadi sejahtera. Tentu ini mesti memperoleh dukungan dari Menkominfo dan Dewan Pers,” tukas Firdaus.


Dalam acara itu hadir juga Bupati Musi Banyuasin Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin. Dia mengapresiasi SMSI dan siap menjadi mitra media untuk memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat.


“Media siber adalah bagian warga kami yang kami anggap mitra penting dan tentu kami bina dengan baik. Tak kurang 72 media siber di daerah kami yang bekerja sama dengan Pemkab dalam rangka memajukan dan mensejahterakan masyarakat,” tegasnya. (BSI)



Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI