Cerita Hamzah Perketat Penerapan Prokes untuk Keluarganya

| Senin, 25 Oktober 2021 | 01.29 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Usia Hamzah tidak lagi muda. Itu sebabnya, bapak yang berumur 46 tahun ini terus menjaga protokol kesehatan (Prokes) Covid-19. Dia tak mau lalai kendati kasus baru Covid-19 terus mengalami penurunan.


“Alhamdulillah (kasus baru) Covid turun tiap hari. Kita jangan lalai, harus waspada. Protokol kesehatan intinya,” ucap Hamzah saat berbincang santai dengan Bernasindonesia.com, Sabtu (23/10/2021).

Hamzah bercerita dirinya tak pernah lagi berkumpul dengan teman-teman dan tetangganya selama pandemi ini. Dia baru keluar rumah ketika ada keperluan sangat penting. Bersilaturahmi dengan keluarga besarnya juga hanya dilakukan melalui telepon seluler.

“Keluar rumah pas ngantar istri belanja sayur. Istri enggak bisa naik motor, jadi harus diantar. Kalau kangen ibu ya saya yang nelpon,” katanya.

Kendati sering menemani istrinya keluar rumah, Hamzah mengaku tak pernah lalai akan prokes. Sebab, dia menyadari bahwa menerapkan prokes merupakan kunci dari pengendalian penyebaran Covid-19.

“Kita pakai masker kalau belanja. Dan kalau sampai rumah kami langsung cuci tangan bersih-bersih,” pungkas bapak satu anak ini.

Hamzah juga bercerita istrinya pernah terinfeksi virus Covid-19 dengan gejala ringan. Dia tidak tahu dari mana asal usul virus yang masuk ke dalam tibuh istrinya tersebut. Hamzah mengetahui istrinya terinfeksi virus setelah dites antigen. 

“Alhamdulillah hanya flu dan batuk ringan selama 7 hari. Setelah itu sembuh sendiri,” cerita Hamzah. 

Hamzah tidak ingin virus kembali masuk ke dalam tubuh istri dan anak-anaknya. Itu sebabnya, Hamzah selalu mengingatkan keluarganya untuk memperketat protokol kesehatan. 

“Harus pakai masker kalau ke mana-mana. Kita tak lepas dari masker,” katanya. 

Hamzah juga bercerita bahwa dirinya merupakan salah satu karyawan perusahaan swasta di Jakarta. Selama pandemi ini, dia berkerja secara online dari rumahnya atau Work From Home (WFH). 

“Tapi efektif juga kerja dari rumah. Tidak ada gangguan sama sekali. Paket internet ditanggung kantor. Jadi mudah kerjanya,” kata Hamzah.

Pemerintah terus mengintensifkan pengetesan (testing), pelacakan (tracing), dan perawatan (treatment). Selain itu, pemerintah juga terus memperpanjang PPKM.

Hal lain, masyarakat juga terus diingatkan menerapkan protokol kesehatan 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas). Hal tersebut sebagai upaya mengendalikan laju penularan Covid-19 di tanah air. (HR)


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI