Bertemu Ketua DPD RI, Gubernur Kepri Berharap RUU Kepulauan Segera Disahkan

| Rabu, 03 November 2021 | 13.14 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Kunjungan kerja Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, dimanfaatkan Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, untuk menyampaikan sejumlah aspirasi. Salah satunya, keinginan agar RUU Daerah Kepulauan segera disahkan.


Hal itu disampaikan Ansar Ahmad saat bertemu LaNyalla, Selasa (2/11/2021).

"RUU Daerah Kepulauan sudah diperjuangkan selama 10 tahun. Kami berharap segera menjadi undang-undang. Karena UU ini penting untuk membangkitkan perekonomian daerah kepulauan seperti Kepri," kata Ansar Ahmad.

Menurutnya, masih ada disparitas yang jauh antara perkotaan dan wilayah kepulauan. Dengan adanya UU Daerah Kepulauan, dia yakin kebutuhan dasar masyarakat akan mudah terpenuhi.

"Pendekatan pembangunan di wilayah pesisir atau kepulauan beda dengan perkotaan. UU Daerah Kepulauan akan mampu menggerakkan produktivitas pulau-pulau kecil, investasi pesisir, dan kemandirian ekonomi masyarakat pesisir," kata Ansar.

Selain RUU Daerah Kepulauan, Ansar juga berharap ada dukungan-dukungan lain dari DPD agar pembangunan di Kepri semakin maju.

“Dengan kedatangan Ketua DPD kita berharap mendapatkan solusi setelah nantinya permasalahan-permasalahan yang ada disampaikan ke pemerintah pusat oleh DPD,” kata Ansar.

Sementara LaNyalla menjelaskan, RUU Daerah Kepulauan yang juga diusulkan DPD RI, telah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2021. Namun, pembahasan dan pengesahannya berada di DPR.

"Bolanya ada di DPR. Kita tidak tahu kenapa belum juga dibahas lebih jauh padahal Presiden sudah mengeluarkan surat yang menugaskan beberapa kementerian membahasnya," terangnya.

Dalam kunjungannya kali ini, LaNyalla didampingi beberapa senator, antara lain Fachrul Razi (Aceh), Bustami Zainudin dan Ahmad Bastian (Lampung), Eni Sumarni (Jawa Barat), Andi Muh Ihsan (Sulawesi Selatan), Habib Abdurahman Bahasyim (Kalimantan Selatan), Edwin Pratama Putra (Riau) dan tiga senator Kepri yaitu Ria Saptarika, Dharma Setiawan dan Richard H Pasaribu.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI