Hari Lahir Pancasila Dan Cita-Cita Kita Sebagai Bangsa

| Selasa, 31 Mei 2022 | 00.01 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Besok tanggal 1 Juni, bangsa ini akan merayakan hari lahir Pancasila. Terlepas dari adanya perbedaan pandangan dan pendapat tentang hal tersebut yang jelas kita sudah sepakat untuk menjadikan pancasila sebagai falsafah bangsa kita yang susunan dan urut-urutan silanya dapat kita baca dalam mukaddimah UUD 1945 dimana sila pertamanya adalah Ketuhanan Yang Maha Esa. 


Ini artinya nilai-nilai dari ajaran agama yang ada dan diakui di negeri ini harus bisa menjiwai dan mewarnai empat sila berikutnya yaitu sila kemanusiaan yang adil dan  beradab, persatuan indonesia, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. 

Jadi meskipun negara ini bukan negara agama tapi dia sangat menghormati dan menjunjung tinggi nilai-nilai dari ajaran agama. Bahkan nilai-nilai dari ajaran agama tersebut harus menjadi dasar bagi negara ini. Hal itu terlihat secara jelas dan tegas di dalam pasal 29 ayat 1 UUD 1945 dimana dikatakan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa. 

Ini artinya tidak boleh ada UU dan peraturan serta kebijakan yang dibuat oleh negara,  dan atau pemerintah di negeri ini yang bertentangan dengan  nilai-nilai dari ajaran agama yang ada. 

Bahkan mereka harus bisa mengambil dan menyerap nilai-nilai dari ajaran agama tersebut untuk mereka implementasikan dalam semua segi dan aspek kehidupan apakah itu dalam bidang sosial, ekonomi, politik, dan hukum serta lainnya. Oleh karena itu tidak boleh ada di negeri ini ada usaha untuk menjauhkan ajaran agama dari kehidupan publik. 

Bila hal itu dilanggar maka tidak mustahil gesekan dan benturan di tengah-tengah masyarakat tentu akan  terjadi dan hal demikian tentu tidak kita inginkan karena dia jelas-jelas akan bisa merusak persatuan dan kesatuan diantara kita serta akan bisa menghambat dan menghalangi kita untuk mewujudkan cita-cita bagi membuat negeri ini menjadi negeri yang maju, adil, makmur dan berdaulat, dimana rakyatnya memiliki akhlak dan moralitas yang tinggi serta hidup dengan aman tentram, damai dan bahagia.

Oleh: Anwar abbas

Ketua PP Muhammadiyah


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI