Anggota DPR Minta Kemenhub Investigasi Kecelakaan Kereta Api Penumpang di Kulon Progo

| Kamis, 19 Oktober 2023 | 06.52 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Anggota Komisi V DPR RI Toriq Hidayat mendorong upaya pengusutan terkait kecelakaan dua Kereta Api (KA) yang terjadi di wilayah Kalimenur, Kapanewon Sentolo, Kulon Progo, DIY pada Selasa (17/10/2023) sekitar pukul 13.30 WIB.


“Musibah yang melibatkan dua kereta api penumpang ini harus diinvestigasi oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Komite Nasional Keselamatan (KNKT) mengingat tabrakan terjadi di lokasi yang harusnya dalam pengawasan penuh ,” ujar Politisi PKS.

Toriq memperkirakan ada kelalaian pengawasan oleh pihak yang bertanggungjawab atas prasarana yang dilintasi kereta. Sehingga menyebabkan beberapa gerbong KA Argo Semeru tergelincir dan menghalangi jalur dari arah berlawanan.

“KA Argo Wilis yang melintas dari Bandung menuju Surabaya tak bisa menghindari tabrakan. Meskipun berusaha melakukan pengereman. Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa. Pihak berwenang telah mengevakuasi korban luka ke rumah sakit terdekat,” ucap Toriq.

Namun Dia akan menunggu hasil investigasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA), Kemenhub melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) wilayah setempat bersama dengan KNKT untuk menentukan penyebab kecelakaan.

“Permasalah ini harus segera dicarikan solusi yang terbaik, bagaimana pun ke depannya Kemenhub harus bisa menekan potensi terjadinya kecelakaan hingga fatalitasnya jika kasus itu terjadi. Khususnya kereta api penumpang. Penting melakukan perawatan prasarana secara komprehensif ,” tutupnya.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI