Mendagri Tito: Ideologi Hanya Bisa Dilawan Dengan Ideologi

| Rabu, 27 November 2019 | 00.32 WIB

Bagikan:
Bernasindonesia.com - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berpesan kepada para gubernur dalam kegiatan Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) agar terus menanamkan ideologi Pancasila di setiap kesempatan.

“Ideologi hanya bisa dikalahkan dengan ideologi, ideologi mana yang bisa kita ambil untuk mengalahkan ideologi yang mungkin bisa membahayakan negara ini, ya Pancasila,” kata Tito Karnavian di Jakarta Selasa.

Tito meminta, pembuatan setiap regulasi oleh kepala daerah harus berasaskan ideologi Pancasila, begitu juga di setiap kegiatan seperti apel, acara formal, dan kegiatan lainnya daerah terus menggaungkan ideologi Pancasila serta lagu kebangsaan Indonesia Raya.

“Ini akan mereduksi dan tidak memberi ruang kepada ideologi lain masuk,” ucapnya.

Saat era demokratisasi ini menurut dia ketahanan ideologi menjadi tantangan karena begitu terbuka ruang kebebasan berserikat dan berkumpul dan menyampaikan pendapat.

“Ini juga memberi ruang masuk kepada ideologi-ideologi yang mungkin tidak cocok dengan keadaan masyarakat kita yang plural,” kata dia.

Oleh karena, potensi tersebut perlu diredam, serta dinetralisir karena hal itu bisa mengakibatkan perpecahan di tengah masyarakat yang plural.

Tito juga sempat menyinggung soal cara berpakaian aparatur sipil negara (ASN) yang menurutnya hendaknya mengikuti aturan dan cara berpakaian yang telah diatur sesuai ketentuan.

“Sudah ada tata caranya, hari Senin pakai apa, Selasa pakai apa, Rabu apa. Kemudian panjangnya berapa, mirip dengan di TNI dan Polri juga sudah ada aturan-aturan, lebarnya kemudian apanya bentuknya, warnanya dan seterusnya,” ujarnya. (Syg)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI