Pelatihan Penanggulangan Bencana di Tengah Pandemik Covid-19

| Selasa, 21 April 2020 | 07.44 WIB

Bagikan:
Bernasindonesia.com - Pusdiklat Penanggulangan Bencana BNPB baru saja menyelenggarakan Pelatihan Dasar Manajemen Bencana (DMB) COVID-19 selama tiga hari, dari 15  - 17 April 2020. Di tengah Pandemik COVID-19, Pusdiklat PB, BNPB menyelenggarakan pelatihan jarak jauh (e-learning) secara daring (online).

Pelatihan ini diikuti oleh 23 peserta dari 21 BPBD Provinsi dan Kab/Kota di seluruh Indonesia. Selain metode pembelajaran yang dilakukan secara online, pelatihan DMB kali ini juga berkonsentrasi pada konteks pandemik COVID-19 yang sedang menjadi fokus banyak pihak saat ini.

Para peserta yang telah mengikuti pelatihan mengaku sangat senang dapat berpartisipasi. Pasalnya, selain mendapatkan ilmu baru yang bisa langsung diterapkan dalam penanganan pandemik COVID-19, mereka juga dapat berdiskusi mengenai permasalahan yang dihadapi terkait penanganan COVID-19 dengan peserta lainnya untuk mendapatkan solusi.

Selain itu, para peserta juga saling memberi dukungan serta semangat satu sama lain yang tentunya sangat berarti pada masa seperti ini.

Berton Panjaitan, Kepala Pusdiklat PB, BNPB mengungkapkan bahwa pelatihan ini merupakan salah satu upaya Pusdiklat PB untuk berkontribusi dalam penanganan COVID-19. Kegiatan ini juga sesuai dengan tugas dan fungsi Pusdiklat PB untuk menyelenggarakan pengembangan kapasitas sumber daya manusia di bidang penanggulangan bencana.

Setelah pelatihan ini, Pusdiklat PB juga berencana akan menggelar tiga angkatan berikutnya yang dibagi sesuai dengan pembagian wilayah waktu, yakni Indonesia Bagian Barat, Indonesia Bagian Tengah dan Indonesia Bagian Timur.

Pelatihan Dasar Manajemen Bencana (DMB) COVID-19 dengan metode e-learning selanjutnya akan diselenggarakan untuk BPBD wilayah Indonesia Bagian Barat pada tanggal 22 - 24  April 2020.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI