Profile Gatot Edhy Pramono Calon Kapolri Penggati Idham Azis

| Senin, 11 Januari 2021 | 00.42 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Salah satu nama calon Kapolri yang bakal menggantikan Jenderal Idham Azis adalah Komjen Pol Gatot Edhy Pramono. Idham Azis sendiri diketahui akan pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang.


Gatot merupakan lulusan Akpol 1988. Dia saat ini menjabat sebagai Wakapolri. Lelaki lalaki yang lahir  di Solok, Sumatra Barat, 28 Juni 1965 ini pernah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Idham Azis. 


Setelah menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya, Gatot akhirnya digantikan Nana Sudjana karena Gatot naik pangkat dari Irjen menjadi Komjen dengan jabatan sebagai Wakapolri. 


Gatot juga pernah menjabat sebagai Asisten Perencanaan dan Anggaran Kapolri menggantikan Bambang Sunarwibowo dengan masa jabatan20 Juni 2018 – 22 Januari 2019


Sebelumnya, Gatot juga pernah menjabat sebagai Staf Ahli Sosial Ekonomi Kapolri dengan masa jabatan 2 Juni 2017 – 20 Juni 2018 menggantikan Deddy Fauzi Elhakim


Tak hanya itu, pada 2015-2017, Gatot juga pernah menduduki jabatan sebagai Wakapolda Sulawesi Selatan menggantikan Ike Edwin


Selain Gatot, Calon Kapolri lainnya adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafly Amar, Kepala Bareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri Komjem Arief Sulistyanto, dan Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri Komjen Agus Andrianto.


Ketua Kompolnas Mahfud MD menyebut nama-nama yang sudah dikirimkan ke Istana sudah memenuhi syarat sebagai Kapolri selanjutnya.


Selanjutnya, Presiden Jokowi akan memilih nama calon Kapolri untuk diserahkan ke DPR. Calon pilihan Presiden bisa tunggal atau lebih dari satu.


Kandidat kemudian akan mengikuti fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan di DPR.


DPR punya tenggat waktu 20 hari sejak surat presiden diterima untuk memutuskan setuju atau tidak atas pencalonan kandidat.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI