Jokowi Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi

| Kamis, 08 Juli 2021 | 00.33 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah Al Haris dan Abdullah Sani masing-masing sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Jambi masa jabatan tahun 2021-2024, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (07/07/2021).


Pasangan terpilih terlebih dahulu menerima petikan Surat Keputusan Presiden di Istana Merdeka, Jakarta. Kemudian bersama Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dengan didampingi Menteri Dalam Negeri Muhammad Tito Karnavian, gubernur dan wakil gubernur terpilih kemudian melakukan prosesi kirab menuju Istana Negara.

Pelantikan pasangan gubernur dan wagub terpilih ini dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 93/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian Penjabat Gubernur Jambi dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang ditetapkan di Jakarta pada tanggal 2 Juli 2021.

Al Haris dan Abdullah Sani secara resmi mengemban tugas sebagai Gubernur dan Wagub Jambi setelah diambil sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang, dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa, dan bangsa,” ucap Kepala Negara mendiktekan penggalan sumpah jabatan.

Menutup rangkaian acara, Presiden dan Wakil Presiden memberikan ucapan selamat kepada pasangan yang telah dilantik yang dilanjutkan dengan foto bersama. Pelantikan Gubernur dan Wagub Jambi berlangsung khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Usai dilantik Gubernur Jambi Al Haris memastikan bahwa dirinya bersama dengan Wagub Abdullah Sani akan memprioritaskan penanganan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi di wilayah yang dipimpinnya.

“Pertama, kami terima kasih banyak kepada Bapak Presiden yang telah melantik kami dengan Pak Wakil Gubernur Jambi. Tentunya tugas kami yang pertama adalah bagaimana menekan angka COVID-19 di Jambi. Yang kedua, sekaligus juga kami akan tentunya memulihkan ekonomi Jambi tentunya, yang merupakan juga [bagian dari] tujuan nasional kita yaitu memulihkan ekonomi nasional. Yang berikutnya, saya kira karena kita sedang kondisi COVID-19 tentu kita sedang berjibaku bagaimana melawan COVID-19 sehingga daerah aman, rakyat aman, dan kita bisa bekerja seperti sediakala,” ujar Al Haris.

Turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI