Dirjen Dukcapil Minta Pelayanan Terus Ditingkatkan

| Senin, 20 Maret 2023 | 00.39 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com – Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Teguh Setyabudi melakukan kunjungan kerja ke Dinas Dukcapil (Disdukcapil) Kabupaten Banyumas, Jumat (17/3/2023). Kunjungan tersebut untuk meninjau dari dekat pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di Kabupaten Banyumas.


Dalam kunjungan itu, Teguh berbincang dengan pengunjung yang mengurus dokumen adminduk di loket pelayanan. Dirinya pun mengapresiasi kinerja serta inovasi yang dilakukan Disdukcapil Banyumas. Pasalnya, Disdukcapil Banyumas dinilai telah mampu memenuhi target nasional untuk perekaman dan pencetakan KTP-el, serta penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA). Selain itu, apresiasi tersebut diberikan atas pelayanan online yang telah dilakukan dengan baik oleh Disdukcapil Banyumas.

“Kinerja Disdukcapil Kabupaten Banyumas sudah bagus, karena target nasional mampu dilampaui. Meskipun begitu, pelayanan harus terus ditingkatkan. Terlebih menjelang Pemilu 2024, Disdukcapil secara keseluruhan di semua wilayah, termasuk Banyumas, harus mampu menyajikan data yang valid,” kata ujar Teguh.

Pada kesempatan tersebut, Teguh juga meminta seluruh pegawai Disdukcapil agar selalu menjaga kekompakan serta terus bersinergi dengan instansi terkait lainnya. Tujuannya untuk memudahkan akses serta pelayanan terhadap kepengurusan data kependudukan.

Teguh berpesan agar Disdukcapil selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan inovasi-inovasi yang sudah dikembangkan. Saat ini, target nasional adminduk untuk Kartu Keluarga (KK), KIA, KTP, akta kelahiran, akta kematian dan Surat Keterangan Pindah Warga Negara Indonesia (SKPWNI) sudah tercapai di Banyumas.

Sementara itu, berkaitan dengan permintaan dukungan mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Kabupaten Banyumas, Teguh mengatakan pihaknya berkomitmen bakal mendukung langkah tersebut. Dirinya juga meminta agar jajaran Disdukcapil tak sungkan untuk berkoordinasi dengannya, bila memerlukan bantuan mengenai pelayanan adminduk di daerahnya.

“Jadi mohon dukungan teman-teman semua agar Ditjen Dukcapil lebih maju lagi berkat kekompakan kita," jelas Teguh.

Sementara itu, dalam keterangannya, Kadisdukcapil Banyumas Hirawan Danan Putra membeberkan capaian kinerja Disdukcapil, serta target kinerja dan berbagai tantangan yang dihadapi. Hirawan menjelaskan, persentase kepemilikan KTP terus mengalami peningkatan.

Tahun 2020 misalnya, dari 1.403.957 penduduk Kabupaten Banyumas yang wajib KTP, sebanyak 96,94 persen sudah memilikinya. Jumlah tersebut meningkat pada tahun 2021, dengan jumlah penduduk yang usia wajib KTP sebanyak 1.427.833 orang, atau sebanyak 97,02 persen sudah memiliki KTP. Terakhir tahun 2022, dari total jumlah penduduk wajib KTP 1.378.950 orang, sebanyak 99,40 persen sudah ber-KTP.

Sementara itu, berkaitan dengan target nasional, Hirawan mengatakan, perekaman dan pencetakan KTP-el di Banyumas sudah mencapai 99,44 persen dari total target 99,30 persen. Sedangkan untuk penerbitan KIA, dari target nasional 40 persen, saat ini Disdukcapil Banyumas sudah berhasil mencapai 55,22 persen.

"Untuk pembuatan KIA ini, kita sudah memiliki beberapa mitra, sehingga lebih memudahkan. Dan kami laporkan Bapak, sudah banyak OPD yang memanfaatkan data Disdukcapil, sehingga validitas data sangat kita jaga," pungkasnya.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI