Din Syamsuddin: Pernyataan Grace Natalie Merugikan Prabowo

| Rabu, 30 Agustus 2023 | 08.10 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, M. Din Syamsuddin menilai, pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie bahwa Prabowo Subianto menyesal didukung oleh kelompok intoleran sangat merugikan Bacawapres Prabowo Subianto. Pernyataan Grace itu, menurut Din, bersifat tendensius dan sinistik, karena dialamatkan kepada berbagai kelompok Islam yang pada Pilpres 2019 mendukung Prabowo Subianto.


“Kalau Prabowo Subianto tidak mengatakan hal demikian, dan itu hanya penafsiran dari penafsiran, seperti dikatakan oleh politisi Partai Gerindra Habiburrahman di media massa, maka pernyataan Grace Natalie bersifat manipulatif dan insinuatif,” ujar Din melalui keterangannya, Rabu (30/8/2023).

Tapi kalau pernyataan Grace Natalie itu benar adanya bahwa Prabowo Subianto memang mengatakan hal demikian, Din menyampaikan, maka itu merugikan Prabowo sendiri. Harus diakui bahwa pada Pilpres 2019 Prabowo mendapat dukungan besar dari berbagai kelompok umat Islam. Kalau tidak ada dukungan itu maka perolehan suaranya tidak akan besar dan dia akan kalah besar, serta political leveragenya rendah. Justeru sikap politik Prabowo Subianto yang mau menjadi pembantu Presiden yang pernah menjadi rivalnya pada Pilpres telah mengecewakan banyak dari pemilihnya. 

“Berita bahwa Prabowo menyesal dulu didukung justeru menambah penyesalan para pendukung yang memilihnya dulu. Tidak sedikit dari mereka yang menilai Prabowo bukan seorang pemimpin amanah, tapi pemimpin yang berkhianat,” katanya.

Din mengatakan bahwa diksi kelompok intoleran juga perlu dikritisi. Kalau itu diindikasi kepada kelompok Islam, maka pernyataan itu bernada tuduhan dan merupakan bentuk Islamofobia. Tidak elok kiranya kalau narasi politik yang dikembangkan oleh para politisi bersifat tendensius dan insinuatif.

“Karena nanti akan dibalik bahwa sesungguhnya penuduh kelompok lain intoleran adalah sang intoleran sejati,” pungkas Mantan Ketua Umum MUI Pusat ini. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI