Suharso Ajak Pemuda Terlibat dalam Pembangunan

| Rabu, 11 Mei 2022 | 11.48 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Pemetaan Visi Indonesia 2045 dilakukan dengan memperhatikan berbagai kondisi Megatren Dunia pada tahun 2045-2050, salah satunya dari sisi demografi.


Demikian disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Suharso Monoarfa saat memberikan ceramah dalam forum diskusi “Muda Bicara Pembangunan”, Selasa (10/5/2022).

Menteri mengatakan, struktur penduduk Indonesia sesuai sensus penduduk tahun 2020 menunjukkan bahwa Indonesia didominasi oleh penduduk generasi milenial sebesar 25,87 persen dan generasi Z sebesar 27,94 persen.

Menurutnya, Jumlah penduduk usia muda yang besar ini dapat dimaknai bagaikan pisau bermata dua. 

“Di satu sisi bisa menjadi potensi penggerak pembangunan, dengan prasyarat semua pemuda adalah SDM yang berkualitas dan berdaya saing. Belajar itu mengecilkan domain uncertainty kita” ujar Menteri.

Dalam kesempatan itu, Menteri juga mengajak kepada para pemuda yang hadir agar ikut serta dalam pembangunan bangsa.

Menteri menambahkan, pemuda dapat berperan dalam berbagai hal.

Pertama, sebagai beneficiaries, pemuda menjadi penerima manfaat dari program dan kegiatan pembangunan, misalnya pemuda menjadi target program pelatihan kewirausahaan, program pelatihan kepemimpinan, kepeloporan, dan program pengembangan minat bakat. 

Kedua, sebagai Communicator Program, pemuda menjadi perpanjangan tangan Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah dalam advokasi dan sosialisasi pelaksanaan program dan kebijakan pemerintah.

Ketiga, sebagai pengawas, pemuda berkontribusi untuk memberikan masukan pada program atau kebijakan yang dilaksanakan oleh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah dengan tujuan perbaikan kedepan. 

Keempat, sebagai innovators and change-maker, pemuda dapat berkontribusi dalam memberikan ide, inovasi, memobilisasi gerakan sosial untuk melakukan perubahan atau perbaikan dalam masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

Kelima, sebagai pemimpin, pemuda memiliki kapasitas dan berdaya untuk berperan dalam berbagai forum strategis yang dapat membawa perubahan.
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI