Bamsoet Dukung Pembangunan Kertajati Aircraft Maintenance

| Kamis, 15 September 2022 | 08.02 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Ketua MPR RI sekaligus Kepala Badan Hubungan Polhukam KADIN Indones Bambang Soesatyo meninjau workshop PT ACN Aero Teknik, bagian dari Asia Cargo Network dan Black Stone Group, yang bergerak di bidang komponen layanan pemeliharaan dan pengadaan suku cadang pesawat. Berdiri sejak tahun  2009, PT ACN Aero Teknik memiliki 3 model pengembangan bisnis, yakni spareparts, repair, and overhaul (wheel - Boeing 737 Classic, NG; wheel - Hawker Series; brake - Boeing 737 Classic, NG; battery repair).


Selain itu ada juga non-destructive test inspection, testing and processing (magnetic particle inspection; fluorescent penetrant inspection; eddy current inspection/test; ultrasonic inspection; borescope inspection). Serta aircraft weighing & swing compass.

"PT ACN Aero Teknik telah menandatangani Perjanjian Kerjasama (head of agreement) dengan pengelola Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kertajati, Majalengka untuk membangun Kertajati Aircraft Maintenance di kawasan BIJB dan Kertajati One Stop Experience Facility di terminal BIJB," ujar Bamsoet usai mengunjungi workshop PT ACN Aero Teknik, di Kawasan Industri Green Sedayu , Cakung, Jakarta Timur, Rabu (14/9/22).

Hadir antara lain CEO Asia Cargo Airlines dan Black Stones Airlines Marco Isaak, Chief Executive Officer Fuad Bafana, General Manager Abdul Mutholib, Quality and Safety Manager Sep Barokah, Maintenance Manager Agus Dai Chotib, Accounting Manager Fadhil AW.

Ketua DPR RI ke-20 sekaligus mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Kertajati Aircraft Maintenance merupakan hanggar maintenance, repair, and overhaul (MRO) pertama yang hadir di BIJB. Dibangun diatas lahan seluas 9 hektar dengan investasi mencapai 10 juta USD atau sekitar Rp 150 miliar. Pembangunan tahap pertama dilakukan dilahan seluas 4 hektar pada tahun ini. Dilanjutkan tahap 2 seluas 5 hektar di tahun 2023. Soil test uji daya dukung tanah untuk pembangunan tahap 1 sedang dikerjakan. Ditargetkan dalam 8 bulan kedepan sudah selesai dibangun. Setelah pembangunan tahap 1 dan tahap 2 selesai di tahun 2023, Kertajati Aircraft Maintenance bisa melayani MRO terhadap puluhan pesawat setiap bulannya.

"Kehadiran Kertajati Aircraft Maintenance menjadikan Indonesia semakin berdaulat dalam hal kedirgantaraan, khususnya dalam bidang MRO. Mengingat hingga saat ini sekitar 46 persen pesawat yang beroperasi Indonesia masih melakukan perawatan di luar negeri, seperti Malaysia dan Singapura. Selain membutuhkan pembiayaan yang lebih mahal, juga menyebabkan perputaran uangnya berada di luar negeri. Tidak dinikmati Indonesia," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar sekaligus Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila ini menerangkan, sedangkan untuk Kertajati One Stop Experience Facility, rencananya akan dibangun dengan mengembangkan tiga lantai terminal BIJB. Di lantai 1 akan dibangun kawasan foodcourt yang menyajikan berbagai kuliner serta produk kerajinan dari UMKM lokal Majalengka dan wilayah sekitar BIJB. Di lantai 2 akan dibangun hotel transit bintang 3 dengan kapasitas 50 kamar, serta di lantai 3 akan dibangun exhibition hall untuk menyelenggarakan berbagai acara dan pertunjukan. 

"Keberadaannya akan memperkuat berbagai fasilitas yang telah dimiliki BIJB. Sehingga bisa semakin menghidupkan aktivitas bandara agar tak mati suri. Sekaligus memberikan multiplier effect economy yang besar bagi masyarakat," pungkas Bamsoet. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI