Subardi Tegaskan Pancasila Ideologi Kontra Hedonisme

| Rabu, 08 Maret 2023 | 04.16 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Sikap hedonisme di kalangan pejabat yang muncul baru-baru ini melalui kasus Rafael Alun Trisambodo (pegawai Ditjen Pajak Jakarta Selatan) bertentangan dengan Pancasila.


Sikap tersebut, disebut Subardi, memicu kemarahan publik setelah kasus penganiayaan berat tersangka (anak Rafael) terhadap David yang hingga dua pekan terakhir masih koma.

Anggota MPR RI Subardi menegaskan, Pancasila adalah ideologi mapan yang kontra hedonisme. Segala tindakan yang ditampilkan keluarga Rafael tidak mencerminkan moralitas Pancasila.

“Sikap tersebut kontra Pancasila. Semangat dalam Pancasila adalah hidup secara kolektif dan adil setara. Pancasila lahir dari semangat kontra hedonisme dan feodalisme yang saat itu marak dipamerkan para kolonial,” kata Subardi saat Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan, di Kalurahan Gari, Kapanewon Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY, Senin, (6/3).

Anggota Komisi VI DPR RI itu menilai, gaya hidup hedon tidak dibenarkan dari sudut pandang apa pun, baik ideologi Pancasila, budaya, adat istiadat, maupun agama. Sikap tersebut akan melahirkan kejahatan-kejahatan baru.

Subardi lantas mendukung langkah Menteri Keuangan Sri Mulyani yang mencopot Rafael sekaligus memeriksa hartanya. Baginya, arus hedonisme harus dihentikan. Para pejabat idealnya memberi contoh moralitas yang baik kepada masyarakat.

“Arogansi pejabat itu sangat tidak beradab. Tidak dibenarkan dari sudut pandang apa pun. Seharusnya pejabat lebih bermoral, lebih peka melihat kondisi masyarakat. Kita bisa mencontoh kesederhanaan para sesepuh bangsa,” jelasnya.

Pancasila sebagai living ideology, tambah Subardi, harus bersemai dalam kehidupan bermasyarakat, apa pun perkembangan zamannya. Pancasila dengan prinsip kemanusiaan yang adil dan beradab adalah prinsip yang tegas melawan hedonisme.

Sebagai konsensus bangsa, menurut Subardi, Pancasila wajib dipatuhi oleh seluruh anak bangsa. Ajaran Pancasila sebagai bagian dari empat pilar bangsa, yakni Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika adalah pemandu agar nilai keindonesiaan tidak luntur.

“Pancasila dan empat Pilar Kebangsaan adalah pemandu kita agar lebih beradab dan lebih peka dengan kesenjangan ekonomi di masyarakat. Hedonisme sama sekali tidak mencerminkan karakter luhur Pancasila,” pungkas legislator NasDem dari Dapil DI Yogyakarta tersebut. 
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI