Ketua Umum PB PGI Lantik Pengurus Pengprov Jabar Periode 2023–2027

| Rabu, 04 Oktober 2023 | 10.21 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Dalam sejarah pergolfan nasional agaknya HM Sirod Zudin adalah satu-satunya pegolf yang pernah duduk sebagai pengurus sebanyak 7 kali, sejak era OrBa hingga era millenial, masing-masing 4 kali sebagai staf dan 3 kali menjabat sebagai Ketua Umum PGI Pengprov Jawa Barat. Bahkan tak hanya menjadi pengurus pada level tingkat provinsi, akan tetapi menjadi pengurus di tingkat nasional. Yakni menjabat SekJen pada era PB PGI dipimpin oleh Arifin Panigoro.



Dalam perbincangan bersama Media GolfJoy ketika HM Sirod Zudin mendampingi Japto Soerjoesoemarno, usai mereka berdua menyampaikan kata sambutan kepada segenap yang hadir di acara Pelantikan Pengurus PGI Pengprov Jawa Barat Periode 2023 – 2027 yang berlangsung di Hotel Swiss-belresort Dago Heritage pada Senin (1 Oktober 2023) — sesuai dengan kapasitas mereka masing-masing sebagai Ketua Umum PB PGI Pusat dan Ketua Pengprov PGI Jawa Barat — kepada Media GolfJoy Kang Sirod, sapaan akrabnya, mengucap syukur kepada Allah SWT karena berkat ridho -Nya sehingga tujuh kali menjadi pengurus organisasi golf, baik di tingkat lokal maupun nasional.

Kata atau kalimat yang diucapkan Kang Sirod terdengar datar saja tanpa ada penekanan pada setiap kata atau kalimat yang diucapkannya. Ini adalah bukti bahwa Kang Sirod tetap low profile meski tujuh kali dia menjadi pengurus di percaturan olahraga golf di Tanah Air.

TURUN GUNUNG

Dan, dalam beberapa hal apa yang dia jalani mirip seperti Japto S Soerjosoemarno yakni sama-sama kembali “turun gunung”.

Ungkapan yang digunakan oleh Kang Sirod tersebut, karena setelah dia menduduki jabatan sebagai Ketua PGI Pengprov Jawa Barat selama 2 periode pada tahun-tahun sebelumnya, kemudian ketika habis masa kepemimpinannya dia digantikan oleh Herry Safari selama 1 periode, Kang Sirod terpilih kembali untuk ketiga kalinya sebagai Ketua Pengprov Jawa Barat Periode 2023 – 2027.

Hal yang sama juga kembali dilakoni oleh KPH Japto S Soerjosoemarno. “Beliau pernah memimpin Persatuan Golf Profesional Indonesia. Tapi, setelah habis masa kepemimpinannya, lama sekali saya tidak mendengar kegiatan apa yang dilakukan oleh Kang Mas Japto,” katanya.

Tapi, menjelang Munas PB PGI nama Japto Soerjosoemarno muncul kembali ke permukaan sebagai salah satu kandidat bakal calon Ketua Umum PB PGI untuk menggantikan Murdaya Po. “Akhirnya dalam Munas tersebut, Kang Mas Japto yang pernah menjadi orang nomor satu di kepengurusan golf profesional Indonesia kembali “turun gunung” dan terpilih menjadi Ketua Umum PB PGI,” ujar Kang Sirod sambil tersenyum.

JALAN TERUS MESKI TERSEOK-SEOK

Sementara dalam perbincangan bersama Media GolfJoy, tanpa bermaksud memuji secara langsung keberhasilan HM Sirod Zudin yang terpilih kembali untuk ketiga kalinya sebagai Ketua Pengprov Jawa Barat, Japto Soerjosoemarno, menyatakan bahwa dalam organisasi apa pun komunikasi secara tertulis, komunikasi melalui telepon dan oral serta bertemu face to face sangat diperlukan.

“Kalau komunikasi jalan meski terseok-seok, sesuai kebutuhan, lambat atau cepat hasilnya akan terwujud seperti yang diharapkan,” katanya.

Lebih jauh Ketua Umum PB PGI KPH Japto S Soerjosoemarno mengungkapkan bahwa HM Sirod Zudin terpilih kembali menjadi Ketua Pengprov PGI Jabar, karena komunikasi yang dilakukannya selama ini dengan komunitas golf dari tingkat Pengprov, Pengkab sampai ke Pengkot berjalan dengan baik – meskipun ada kalanya terseok-seok.

Japto menegaskan bahwa konsistensi dan integritas yang tinggi dari seorang pemimpin di bidang apa pun memang sangat dibutuhkan.

Terbukti, meski jalannya “terseok-seok”, kontribusi Pengprov PGI Jawa Barat dalam kaitannya dengan pembinaan dan peningkatan prestasi, telah membuahkan hasil yang sangat positif.

Karena, seperti kita ketahui, salah seorang pegolf hasil binaan Pengprov PGI Jawa Barat yang bernama Randy Arbenata M Bintang bersama tiga pegolf lainnya yang tergabung di Timnas Golf Indonesia telah berhasil merebut kembali gelar juara Putra Cup yang selama 29 tahun lamanya gelar tersebut menjadi milik pegolf dari negara lain.

Keberhasilan tersebut, sebagaimana yang disampaikan Kang Sirod, adalah hasil kerja keras Ka.Bid Bin.Pres PGI Pengprov Jawa Barat dan stafnya. “Selain sejak dulu Jabar memang dikenal sebagai gudang pegolf nasional,” tegasnya.

Dan, sebagai orang nomor 1 di percaturan olahraga golf nasional Japto pun sangat bangga dengan keberhasilan Randy Arbenata M Bintang dan tiga orang rekannya yang tergabung di Timnas Golf Indonesia yang telah berhasil merebut kembali gelar Putra Cup pada Agustus 2023 lalu di Malaysia.

Oleh karena itulah maka sesuatu yang sangat wajar apabila Japto Soerjosoemarno berharap agar pembinaan di kalangan pegolf junior seperti yang dilakukan oleh Pengprov PGI Jawa Barat yang dimulai dari anak-anak berusia 10 tahun ke bawah perlu ditindak-lanjuti oleh Pengprov PGI di seluruh Indonesia.

“Kuncinya? Seperti yang sudah saya katakan tadi yaitu komunikasi dari tingkat Pusat, Pengprov, Pengkab dan Pengkot harus terus digalakkan. Demikian juga komunikasi dengan klub-klub golf dan orangtua atlet,” kata Ketua PB PGI, Japto Soerjosoemarno, mengakhiri perbincangan bersama Media GolfJoy.


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI