Menteri Budi Arie: Inovasi dan Adaptasi Kunci Optimalkan Digitalisasi

| Selasa, 14 Mei 2024 | 11.01 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengatakan inovasi dan adaptasi merupakan kunci dalam menghadapi perkembangan teknologi yang semakin cepat di era digitalisasi.


"Tidak bisa teknologi dilawan kemajuannya, dihambat juga tidak bisa. Siapa yang mau menghadang kemajuan teknologi, karena itu kita harus optimis. Dan kata kuncinya akhirnya cuma dua kata: inovasi dan adaptasi," tandasnya dalam kunjungan ke Kantor PT Ajaib Teknologi Indonesia (Ajaib) di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta Selatan, Senin (13/05/2024). 

Menteri Budi Arie mencontohkan perkembangan cara berkomunikasi melalui pesan singkat dari era pager, SMS, hingga saat ini dengan aplikasi perpesanan instan. Hal itu menunjukkan teknologi baru dapat mematikan penggunaan teknologi lama. Contoh lain adalah media sosial yang populer digunakan oleh masyarakat terus berganti setiap saat, platform e-commerce juga kini terancam oleh kehadiran sosial commerce.

"Semua mendisrupsi semua, nanti ada disrupsi, disrupsi lagi, karena itulah jangan cepat kagetan kalau orang di dunia teknologi," ujarnya.

Bahkan, Menkominfo menilai perkembangan teknologi memungkinkan digitalisasi di semua sektor kehidupan.

“Jadi semua serba digital, karena prinsip digital sesungguhnya semua serba cepat. Bikin KTP cepat, dulu sebulan sekarang sedetik jadi makanya digitalisasi itu mempercepat semua proses kehidupan ini,” ungkapnya. 

Menurut Menteri Budi Arie, Indonesia juga menerapkan percepatann digitalisasi yang ditopang empat pilar yaitu: infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital dan masyarakat digital.

“Yang terakhir ini yang penting adalah digital society. Bagaimana masyarakat digital ini juga harus kita siapkan,” tandasnya.

Menkominfo menilai, saat ini masyarakat Indonesia sudah cukup adaptif dalam menghadapi perubahan. Namun demikian, masih membutuhkan waktu lebih lama dari masyarakat di negara maju untuk beradaptasi.

"Tingkat adaptasi kita, negara Indonesia dari survei terakhir McKinsey agak lambat, Indonesia ini 6 bulan sampai satu tahun, dibandingkan negara Jerman dan Eropa satu bulan," jelasnya.

Oleh karena itu, Menkominfo Budi Arie menegaskan pemerintah terus berupaya meningkatkan literasi digital masyarakat agar siap dalam menghadapi disrupsi teknologi berikutnya.

“Pembangunan kita percepat lah supaya semakin cepat beradaptasi, karena kuncinya dua hal tadi, inovasi dan adaptasi,” tegasnya. 


Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI