KPK Siap Bantu KPU Susun Materi Debat Capres

| Jumat, 04 Januari 2019 | 22.26 WIB

Bagikan:
BernasIndonesia.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait debat capres 2019 yang akan digelar 17 Januari 2019.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah menyebut pihaknya akan terlibat langsung dalam penyusunan materi debat untuk diajukan kepada capres dan cawapres.

"KPK memutuskan akan terlibat secara substansi dalam rapat-rapat dan pembahasan materi debat yang akan dihadiri oleh para Panelis, Pakar atau ahli yang diundang oleh KPU-RI," kata Febri melalui pesan singkat, Jumat (4/1/2019).

Nantinya di rapat-rapat tersebut, KPK dapat menyampaikan poin-poin krusial yang perlu dibahas dan dimintakan pendapatnya pada para pasangan calon.

Hal itu dilakukan untuk memaksimalkan upaya pencegahan tindak pidana korupsi dan agar komitmen pemberantasan korupsi menjadi perhatian semua pihak, terutama para calon pemimpin Indonesia ke depan.

"Namun, terkait dengan apakah KPK akan hadir atau tidak hadir pada kegiatan debat pada tanggal 17 Januari 2019, hal tersebut masih kami pertimbangkan dengan melihat aspek resiko independensi kelembagaan dan posisi sebagai institusi penegak hukum," ungkapnya.

Jadi, sejauh ini keputusannya, KPK akan ikut secara substansi menyusun bersama materi debat dengan panelis dan pakar lain, namun belum memutuskan apakah akan hadir dalam kegiatan debat tersebut karena berbagai pertimbangan. [ton]
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI