Suharso: Pemindahan IKN Adalah Upaya Pemerataan Ekonomi

| Jumat, 23 April 2021 | 09.15 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional menghadiri pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Kalimantan Timur. 


Turut hadir dalam musyawarah tersebut, Menteri Dalam Negeri, Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim, Kepala Bappeda Kaltim, Ketua dan Anggota DPRD Provinsi Kaltim, Bupati dan Walikota di Provinsi Kaltim, Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Provinsi Kaltim, tokoh masyarakat, akademisi dan LSM.

Dalam sambutannya Menteri mengatakan, Bappenas masih berproses menjalankan perannya sebagai _clearing house_ untuk menyusun daftar _major project_ secara nasional, terutama yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur, seperti proyek pembangunan Ibu Kota Negara Baru, proyek pembangunan Fasilitas Pengolahan Limbah B3, proyek pembangunan dan pengembangan Kilang Minyak, dan proyek pengembangan Energi Terbarukan Green Fuel Berbasis Kelapa Sawit. 

“Tentunya, dalam penyusunan daftar proyek prioritas ini kami mengacu pada daftar major project RPJMN 2020-2024 yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Menteri.

Seperti yang telah diketahui, salah satu proyek prioritas strategis di Provinsi Kalimantan Timur adalah pembangunan Ibu Kota Negara. 

Menteri menjelaskan, pemindahan IKN ke luar Pulau Jawa didasarkan pada upaya pemerataan ekonomi, dan pembangunan untuk mengurangi kesenjangan Kawasan Barat Indonesia dan Kawasan Timur Indonesia, serta untuk menurunkan beban Wilayah Metropolitan Jakarta, Jabodetabek, Pulau Jawa dan KBI yang mendominasi perekonomian dan share pembangunan di Indonesia. 

“IKN diharapkan dapat menjadi salah satu penggerak utama strategi transformasi ekonomi,” tuturnya. 

IKN juga diyakini dapat memberikan banyak manfaat, seperti pemerataan akses di seluruh wilayah Indonesia, mendorong pemerataan pembangunan ke luar Jawa, reorientasi pembangunan dari Jawa-sentris menjadi Indonesia-sentris, serta membangun kota percontohan yang berkelanjutan, kota masa depan yang sejalan dengan prinsip dan pencapaian target pembangunan berkelanjutan atau SDGs.

Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI