Puan: Sambutlah Lebaran dengan Gembira dan Berbagilah Kebahagiaan

| Rabu, 12 Mei 2021 | 06.49 WIB

Bagikan:

Bernasindonesia.com - Ketua DPR RI Puan Maharani mengajak masyarakat merayakan Idul Fitri dengan saling memaafkan dan berbagi pada sesama. Menurut dia, Idul Fitri adalah momentum tepat utuk menguatkan solidaritas bangsa, saling membantu, khususnya pada masa pandemi Covid-19 ini.


“Merayakan Idul Fitri sambil berbagi kebahagiaan dengan saudara-saudara di sekeliling kita, terutama mereka yang terdampak pandemi,” kata Puan, Rabu (12/5/2021).

Puan menyampaikan hal itu setelah pemerintah menetapkan 1 Syawal 1442 H / 2021 M jatuh pada Kamis, 13 Mei 2021. Penetapan ini berdasarkan sidang isbat yang dipimpin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin No. 6, Jakarta, Selasa (11/5/2021).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, inilah tahun kedua umat muslim berlebaran di tengah pandemi Covid-19. Meski harus ada pembatasan-pembatasan dan kenormalan baru, namun menurut Puan, kesakralan dan berkah Idul Fitri tidak akan berkurang.

Puan juga mengingatkan kepada masyarakat yang mampu, untuk memenuhi kewajiban membayar zakat fitrah. Bagi Puan, zakat merupakan salah satu wujud solidaritas sosial.

“Semuanya menjadi modal sosial  untuk bergotong royong memulihkan kehidupan social-ekonomi akibat pandemi Covid-19,” ujar politisi kelahiran Jakarta tersebut.

Selanjutnya, Puan berharap masyarakat menunda mudik demi kebaikan bersama dalam mencegah penyebaran Covid-19. Meski tidak mudik, silaturahmi dengan keluarga dan handai tolan di kampung halaman tetap bisa dilakukan secara digital dengan memanfaatkan kemajuan teknologi.

“Kita jaga silaturahmi, saling memaafkan sebagai sesama anak bangsa dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” ungkap Puan.

“Semoga kita kembali fitri, setelah ditempa lahir dan batin selama bulan Ramadan. Sambutlah hari Lebaran dengan gembira,” ucap putri Taufiq Kiemas tersebut.

Juga masyarakat diharapkan mematuhi protokol kesehatan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) dan melakukan 3T (Testing, Tracing, dan Treatment). (HR)
Bagikan:
KOMENTAR
TERKINI